WASPADA KEBIASAN TIDAK SEHAT DIKANTOR INI DAPAT MEMICU KEGEMUKAN,, APA SAJA ITU?


Tanpa disadari, kesehatan seseorang semakin menurun bersamaan dengan semakin bertambahnya kesibukan pekerjaan. Hal itu diperparah dengan kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika bekerja. Dan banyak yang tidak menyadari kebiasaan buruk itu. Apa saja?
  • Tidak Sarapan Pagi


Banyak ahli yang setuju lebih baik memulai hari dengan sarapan pagi. Riset membuktikan sarapan pagi dapat membantu Anda memulai metabolisme tubuh dan membantu meningkatkan energi. 
  • Menopang Dagu
Menopang dagu sepertinya hal yang sepele. Tapi sering menyentuhkan tangan Anda ke wajah bisa berakibat buruk pada higienitas wajah. Menyentuh wajah secara berlebihan dapat membuat wajah mudah tertular kuman atau bakteri.
  • Makan Siang di Meja Kerja
Waktu istirahat lebih baik Anda gunakan untuk makan siang di luar ruangan. Otak Anda juga butuh istirahat. Jika tidak, produktivitas dan energi Anda justru akan jeblok. Selain itu, mengerjakan banyak hal dalam astu waktu (multi-tasking) justru tidak efisien. Lebih baik tunda pekerjaan Anda dan selesaikan pekerjaan seusai istirahat.
  • Bermalas-malasan di Kursi
Posisi duduk yang salah dapat mempengaruhi kesehatan. Jika Anda duduk dengan posisi malas di kursi kantor, mood Anda justru akan memburuk. Hal itu makin buruk jika Anda melakukannya sambil memandang layar komputer atau smartphone terus menerus. Hal itu akan membebani tubuh bagian atas dan menimbulkan sakit di pundak dan leher.
  • Menyentuh Mata
Terlalu lama berada di depan komputer atau memandang layar smartphone juga akan membuat mata mudah lelah. Jika sudah demikian, biasanya secara refleks orang akan mengucek atau menyentuh mata mereka. Namun, sentuhan langsung ke mata juga merupakan jalan masuk kuman. Selain itu, Anda bisa juga membuat kulit iritasi. Mengucek mata dapat menciptakan robekan kecil pada jaringan kulit. Hasilnya, kulit akan lebih mudah keriput dan akan mempercepat penuaan dini.
  • Duduk Sepanjang Hari
Banyak ahli yang mengatakan bahwa "duduk merupakan bentuk baru merokok". Tentu hal ini buruk bagi Anda yang bekerja kantoran. Duduk sepanjang hari dapat meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung, serta memicu sakit punggung. Jika ada kesempatan, usahakan untuk beranjak dari tempat duduk dan bergerak sesering mungkin.
  • Membawa Smartphone ke Kamar Kecil


Separuh pengguna smartphone yang berusia 18 hingga 29 tahun mengakui membawa mereka ke dalam kamar kecil. Membawa smartphone ke kamar kecil mungkin hal yang mengasyikkan karena dapat membunuh waktu sewaktu Anda menuntaskan "hajat" Anda. Namun tahukah Anda bahwa smartphone Anda justru mengandung lebih banyak kuman dibanding toilet? Membawa smartphone ke dalam kamar kecil sama saja mengundang bakteri ke meja kerja Anda.
  • Tetap Masuk Kerja Meski Sakit
Jangan remehkan penyakit sepele seperti flu dan pilek. Penyakit semacam itu tetap dapat memberi tekanan tambahan pada Anda, baik secara fisik maupun mental. Jika Anda tetap masuk kantor meski dalam keadaan sakit, Anda justru dapat memperparah sakit Anda. Lebih buruk lagi, Anda dapat menyebarkan penyakit Anda ke rekan kerja.
  • Menyilangkan Kaki
Menyilangkan kaki memang nyaman, apalagi ketika santai. Namun posisi duduk semacam itu justru dapat menyebabkan sakit punggung dan leher, serta dapat meningkatkan tekanan darah. Posisi duduk ideal adalah meletakkan kaki tegak lurus dengan lantai dan betis serta paha Anda membentuk sudut 90 derajat.
  • Tetap Terhubung Dengan Pekerjaan Meski Sudah di Rumah


Era smartphone membuat Anda semakin mudah terhubung dengan siapa saja dan di mana saja. Termasuk dengan pekerjaan kantor. Saat Anda sudah pulang dan berada di rumah, sebuah email mungkin saja muncul di layar smartphone Anda yang memberitahukan mengenai pekerjaan hari ini. Sebisa mungkin kurangi mengecek smartphone ketika sudah berada di rumah, terlebih menjelang tidur. Merasakan kembali pekerjaan ketika Anda sudah berada di rumah dapat membuat Anda semakin kelelahan secara mental dan memicu stress.

Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "WASPADA KEBIASAN TIDAK SEHAT DIKANTOR INI DAPAT MEMICU KEGEMUKAN,, APA SAJA ITU?"

  1. yang ke 4 masih agak bingung pak guru.. :)

    ReplyDelete
  2. Waduh jadi serba salah ya. Semua gak boleh.. ☺. Salam mampir...

    ReplyDelete
  3. Baru tau nih bawa hp ke toilet malah menimbulkan penyakit, oke dah info yg bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Waduh, ini mah yang saya cari :v soalnya saya pengen gemuk :v

    ReplyDelete
  5. what cuman gara gara menopang dagu?

    ReplyDelete
  6. Jadi Serba salah, tapi kalok udah terbiasa sih susah ngilanginnya

    ReplyDelete
  7. kebiasaan kecil ternyata gak baik jg ya

    ReplyDelete
  8. saya jadi takkut nih,,,

    ReplyDelete
  9. wah ane tiap hari males malesan di kursi gan, pantesan badan ga karuan gini

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat gan artikelnya, begitupun juga dengan saya suka malas dikantor

    ReplyDelete
  11. wah ternyata banyak juga hal yg tanpa kita sadari menyebabkan efek negatif ya

    ReplyDelete
  12. pengen deh gemuk dikit tapi gak juga kalo kegemukan

    ReplyDelete
  13. Menopang dagu juga beresiko!!
    Saya sering menopang dagu tapi baru tau resikonya sekarang..😀😀

    ReplyDelete
  14. Kebiasaan di atas sering saya lakuin, tapi tidak dikantor tapi di runah :D

    ReplyDelete
  15. Nice artikelnya gan.

    ReplyDelete
  16. Duduk sepanjang hari sama saja dengan merokok bentuk baru? Maksudnya apa gan?

    ReplyDelete
  17. kayaknya saya kena nih. kerna kantoran dan berat badan juga mulai naik

    ReplyDelete
  18. Wah makasih bnyak gan atas Artikelnya. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  19. kebiasaan saya tetep masuk kerja walau lg sakit gan :(

    ReplyDelete
  20. Owh gitu ya..
    Makasih min udah ngasih tau sedikit infonya..

    ReplyDelete
  21. Bahh, harus ane kasih tau ni sama kakak ane

    ReplyDelete
  22. Tetap terhubung kekantor walau sudah dirumah... tipsnya matikan handphone.. maksimalkan waktu bersama keluarga.. hehe..
    Ahadweb.com

    ReplyDelete